Pages

Transaksi Aman Internet Banking

Setiap hari, implementasi teknologi semakin mempermudah manusia mulai baik untuk pekerjaan maupun sekadar hiburan sekalipun. Salah satunya teknologi internet, mulai dari penggantian surat dengan layanan e-mail yang cepat dan mudah, berbagi informasi menggunakan Web atau Blog, dan lain-lain. Dalam kegiatan bisnis pun, internet semakin mempermudah proses transaksi dan pembayaran. Saat ini, banyak kalangan yang sudah menggunakan layanan Internet Banking. 

Keberadaan internet banking memang sangat membantu dan tentunya mempermudah berbagai transaksi keuangan. Kemudahan itu tercipta lantaran ketika membayar suatu tagihan tak perlu repot-repot datang ke tempat pembayaran atau bahkan ke bank sekalipun. Mulai dari proses transfer uang, membayar berbagai macam tagihan (listrik, telepon) hingga sekedar cek saldo tabungan dapat dilakukan dengan teramat mudah dan tak perlu bergeser dari tempat duduk. 


Tak mengherankan, bila bank pun kini berlomba-lomba memberikan layanan Internet Banking kepada para nasabahnya. Peminat yang banyak dan memberikan kemudahan salah satu alasan utamanya. Namun, tidak semua hal dapat berjalan mulus bagi pengguna layanan ini, mengingat banyak resiko dari proses transaksi di dunia maya. Berberhati-hati dan teliti adalah kunci utamanya.

Berikut ini adalah cara mengakses Internet Banking dengan aman, sehingga bisa terhindar dari kerugian karena kesalahan dan kelalaian saat menggunakan layanan internet banking, karena kesalahan kecilpun bisa menimbulkan kerugian besar.

Pertama, jangan pernah mengakses Internet Banking dari komputer umum (Shared Computer) seperti di warnet (warung internet) atau tempat-tempat umum lainnya. Selalu gunakan laptop atau komputer pribadi Anda. Mengapa demikian, karena kompter umum banyak digunakan orang, sangat rawan apabila digunakan untuk bertransaksi keuangan.

Kedua, jangan pernah lupa lengkapi laptop anda dengan Antivirus, Firewall maupun Anti Spyware terbaru untuk memastikan tidak ada program jahat yang akan menyadap setiap aktivitas online Anda. Bila komputer terkena virus, maka akan dapat merusak sistem yang ada dalam komputer tersebut.

Ketiga, sebaiknya hindari mengakses Internet Banking di Hotspot gratis, seperti di Mall atau kampus. Namun jika Anda terpaksa menggunakan koneksi wireless gratis, pastikan bahwa koneksi Anda sudah terenkripsi.

Keempat, cek dan re-chek setiap transaksi dari Internet Banking anda, sehingga dapat mengetahui setiap detail dari transaksi. Jika ada transaksi yang mencurigakan, Anda bisa langsung melaporkan ke bank yang bersangkutan.

Kelima, selalu gunakan password yang kuat dan tidak mudah ditebak orang lain. Gunakan kombinasi huruf dan angka serta hindari menggunakan password yang sama untuk setiap akun online Anda. Misalnya, bedakan antara password Facebook anda dengan password Internet Banking.

Keenam, pastikan Anda selalu log out setelah selesai melakukan kegiatan Internet Banking. Ini adalah hal terpenting, bila lupa log out akan sangat berbahaya, apalagi menggunakan fasilitas umum. Hati-hati, cermat dan teliti kunci utamanya. (Dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment