Pages

Mau Nelpon Gratis? Skype Aja!

Selama ini banyak orang mengetahui cara untuk berbincang jarak jauh hanya menggunakan telepon, handphone atau layanan lain yang berbayar. Namun kini, seseorang bisa berbincang jarak jauh tanpa harus merogoh kocek.    Caranya, menggunakan internet de-ngan layanan Skype yang gratis meski berbincang dengan rekan di luar negeri sekalipun.
Skype adalah program komunikasi dengan teknologi P2P (Peer to Peer). Program ini free yang dapat diunduh gratis dan dibuat untuk penyediaan sarana komunikasi suara (voice), berkualitas tinggi berbasiskan internet untuk semua orang di seluruh dunia. Pengguna Skype dapat berbicara de-ngan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradi-sional (SkypeIn), dan menerima pesan suara. 


Teknologi Skype ditemukan wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis. Selain mereka, ada Kazaa dan Joost yang juga menemukan teknologi P2P, hanya untuk televisi. Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP (Voice over Internet Protocol) yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Group Skype yang dibentuk September 2003 kemudian dibeli perusahaan lelang internet raksasa di Amerika, e-Bay pada September 2005 yang bermarkas di Luxemburg, Jerman dan kantor cabang di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, Amerika Serikat.

Sejak diluncurkan, Skype mengalami pertumbuhan pesat baik dari penggunaannya maupun pengembangan pe-rangkat lunaknya. Jasa yang ditawarkan pun beragam, mulai dari penggunaan gratis hingga pengguna berbayar. Hanya dalam beberapa tahun tepatnya April 2006, Skype sudah memiliki 100 juta pengguna. 


Bila tertarik menggunakan layanan telepon gratis dari Skype, anda dapat masuk ke alamat www.skype.com. Lalu daftarkan diri agar memiliki account di website tersebut dengan gratis. Bila masuk ke alamat tersebut, secara otomatis akan muncul tampilan untuk daftar.
Setelah berhasil bergabung, anda akan mendapatkan software Skype gratis yang dapat digunakan sebagai aplikasi untuk menikmati berbagai fitur dan layanan yang tersedia. Klik Dowload untuk mengunduh software Skype yang juga tersedia di laman website Skype.
Setelah unduhan selesai, anda dapat membuka aplikasi Skype dengan mengklik dua kali dan akan muncul tampilan masuk (sign in). Setelah anda masuk, barulah bisa menikmati beberapa fitur terbaru di dunia, seperti Video Call gratis, telepon gratis, dan layanan pesan singkat (SMS) gratis. selain itu anda dapat terhubung langsung dengan situs jejaring sosial facebook. 
Lebih menarik lagi, tak ha-nya teman dalam negeri yang bisa diajak berbincang, tapi juga luar negeri, dan fasilitas group, sehingga memungkinkan berkomunikasi dengan group di seluruh dunia. Selamat mencoba!  


(Desy Irmayani Hatta)

No comments:

Post a Comment