Pages

Tidak Stess dengan aroma Terapi

Anak kelas 2 SMU itu nekad mengakhiri hidupnya dengan cara yang sangat miris. Ia loncat dari gedung pertokoan lantai tiga, dan brakk… tubuhnya terkulai lemah bersimbah darah. Nyawanya tak terselamatkan. Ia mati dalam perjalanan ke rumah sakit. Keluarga yang ditinggalkannya meraung histeris, seakan tak bisa menerima kenyataan itu. Dari secarik surat yang disimpan di kamarnya, ia menyatakan tak kuat menahan sakit hati karena diputuskan sang pacar.
Kejadian seperti itu, akhir-akhir ini sering kita lihat di layar kaca. Sungguh banyak jumlahnya. Apa yang menyebabkan semua itu terjadi? Sudah hilangkah akal sehat mereka yang nekad bunuh diri?

Sepintas, di tengah terjangan berbagai masalah, mengambil jalan pintas seperti itu adalah pilihan yang paling mudah. Tapi, itu tentu hanya berlaku bagi mereka yang tak bisa mengendalikan pikirannya. Padahal, masih banyak cara agar kita bisa menstabilkan pikiran yang mumet karena kenyataan hidup yang tidak berpihak pada mimpi. Pekerjaan yang menumpuk, misalnya, seringkali mengotorkan, bahkan menumpulkan pikiran dan hati kita. Jika seperti itu, selayaknya kita meluangkan waktu untuk rileksasi. Salah satunya melalui aroma terapi.

Tentu Anda sepakat bahwa pikiran bersih akan membuat dunia menjadi bersih. Isi pikiran kita akan membentuk mentalitas, serta kepribadian kita masing-masing. Karenanya, untuk bisa hidup lebih baik, seseorang harus menata pikirannya. Harus berani melakukan revolusi berpikir jika mengetahui ada sesuatu yang salah. Cara yang baik untuk menjernihkan pikiran kita adalah mengenal isi pikiran kita, baik isi maupun cara berpikir.

Melalui aroma terapi itu, kita bisa menenangkan pikiran dan memperbaiki celah-celah yang mulai keroposnya. Tahukan Anda, ternyata berbagai wewangian dapat menjadi terapi bahkan pengobatan. Fungsi atau kegunaan dari aromaterapi dengan minyak essensial itu jika dihirup dapat menyembuhkan berbagai penyakit, meningkatkan kekebalan tubuh alami baik jasmani maupun rohani.

Aroma terapi dapat mengurangi stres, menenangkan pikiran, serta membangkitkan semangat dan gairah. Bahkan ada yang dipercaya dapat membersihkan racun dalam tubuh. Untuk menghasilkan wewangian yang bermanfaat dari aroma terapi tidak sulit. Kini banyak toko yang menjual berbagai macam minyak essensial, lilin untuk membakar dan cawan. Kemudian Anda bisa menententukan aroma apa yang cocok dengan suasana hati dan kondisi tubuh anda.
Jika Anda sering merasa gelisah, depresi, atau sering tegang, aroma terapi dengan bunga lavender bisa Anda coba untuk meredakan semua itu. Berikut adalah beberapa pilihan aroma dan manfaatnya:

  • Teh hijau (green tea) untuk memperbaiki sistem peredaran darah, membantu mengeluarkan dahak dan membersihkan paru-paru. Juga memperlambat proses penuaan.
  • Lemon dapat mengurangi stres dan anti depresi, meningkatkan mood dan merelakskan pikiran serta memberi perasaan segar.
  • Rose (bunga mawar) untuk menciptakan suasana romantis dan penuh gairah, memperbaiki metabolisme dan sistem peredaran darah, menyeimbangkan hormon, meringankan kepekaan kulit sensitif dan alergi.
  • Dandellion untuk mengobati sakit sendi, masalah ginjal dan kantung kemih, hepatitis, penyaringan darah dan mengatasi masalah pencernaan. Juga efektif menyembuhkan sengatan lebah.
  • Green apple (apel hijau) dapat menyembuhkan mabuk dan diare, menguatkan sistem pencernaan, menjernihkan pikiran, meringankan gejala panas dalam.
  • Strawberry dapat meningkatkan selera makan, mengurangi penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan kanker.
  • Bunga kenanga berguna meringankan tekanan darah tinggi, mengeluarkan sebum pada kulit. PeppermintAroma yang menyegarkan, membangkitkan suasana, mengurangi sakit perut, ketegangan, dan menyembuhkan sakit kepala.
  • Cendana bermanfaat untuk menghilangkan rasa cemas dan aromanya sangat bermanfaat untuk meditasi.
  • Vanilla dengan aroma lembut dan hangat mampu menenangkan pikiran.
(Dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment