Pages

Apa itu 3G?


Saat ini kian banyak telepon seluler (handphone) atau gadget elektronik lain yang sudah didukung 3G. Banyak sekali fasilitas dan layanan yang dimiliki handphone dengan fitur 3G. Namun, tidak sedikit orang yang sudah ber-handphone 3G dan menggunakan fitur 3G tapi tidak mengerti definisinya. Apakah sebenarnya yang disebut 3G?

Secara sederhana, 3G merupakan jaringan broadband untuk handphone atau mobile device lainnya yang menawarkan suara, gambar statis dan bergerak, email, akses internet cepat, dan lain-lain dalam satu perangkat genggam. 3G merupakan kependekan dari Third Generation, yaitu istilah bersama untuk prosedur, standar, dan perangkat komunikasi baru yang memberikan peningkatan kecepatan dan kualitas layanan komunikasi bergerak. 3G muncul dengan sebuah perangkat yang memadukan fungsi handphone dengan Personal Digital Assistant (PDA) dan Personal Computer (PC).  

Perangkat 3G secara umum mempunyai kemampuan transmisi yang besar, baik dalam kecepatan maupun kapasitas dari pendahulunya. Pada kenyataannya, pesawat 3G mampu mengirimkan data hingga 384 Kbps dalam keadaan bergerak atau 2 Mbps dalam keadaan berdiri diam. Artinya, ini jauh lebih cepat daripada kebanyakan koneksi broadband rumahan.
Sebagai perbandingan, jaringan Global System for Mobile (GSM) mampu mengirimkan data hingga 14,4 Kbps dan General Packet Radio Service (GPRS) berkisar 53,6 Kbps dengan kecepatan maksimum secara teoritis hingga 171,2 Kbps dengan menggunakan ke delapan timeslot secara bersamaan. Sementara Enhanced Data Rates for Global Evolution (EDGE) yang sering disebut sebagai generasi 2,5 dan 2,75G mampu melaju dengan 473,6 Kbps dengan settingan timeslot yang sama. Dalam praktiknya, kecepatan yang diperoleh dari GPRS berkisar 50 Kbps sementara EDGE mencapai 115 Kbps.  

Ada beberapa perbedaan antara 3G dengan GSM secara teoritis atau ilmiah. Pada jaringan GSM, jika terdapat dua handphone digunakan untuk saling berbicara, maka masing-masing membuka satu hubungan gelombang radio yang permanen. Tidak ada perbedaan antara saat berbicara, mendengar, atau keduanya diam. Hubungan kedua handphone akan terbuka secara permanen. Sementara pada 3G, pembicaraan akan dipecah dalam paket-paket kecil, kemudian menandainya dan mengirimkannya melalui gelombang radio. Metode transmisi data seperti ini dapat menghemat bandwidth, karena tidak membutuhkan hubungan yang permanen. jadi, memungkinkan data-data dalam ukuran besar seperti gambar, suara, dan video dapat terangkut dengan cepat.  

Ada beberapa keunggulan 3G yang dapat dimanfaatkan pengguna. Pertama, penggunaan bandwidth yang efisien. Kedua, komunikasi dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Dengan 3G, amda dapat melakukan dan menerima panggilan telepon dan faks, mengirim dan membaca email dengan attachment (lampiran) yang besar. Ketiga, akses internet berkecepatan tinggi. Anda dapat memanfaatkan 3G untuk akses internet dengan kecepatan tinggi, serta meng-upload dan men-download file berukuran besar lainnya. Selanjutnya, dapat melakukan video conference. 3G memberi kemudahan dalam melakukan video conference atau video streaming dengan endpoint langsung dari pesawat 3G anda. Terakhir, dengan 3G banyak informasi yang bisa didapat dalam genggaman. Terlebih saat ini banyak pesawat 3g yang memberikan fitur navigasi, peta digital, serta menerima siaran televisi digital langsung melalui handphone.  

Masih banyak hal yang dapat diuraikan mengenai 3G serta keunggulannya. Namun, perkembangan dunia telekomunikasi berkembang begitu pesat. Selain 3G, kini banyak lagi teknologi-teknologi telekomunikasi yang memungkinkan anda untuk berkomunikasi dan mendapat informasi digital lebih mudah dan cepat, seperti Wi-fi, WiMax, dan lain-lain. Semoga terus memperbaharui wawasan teknologi anda.(Dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment