Pages

Merawat HP Android

Jangan Biarkan Baterai Anda Drop 

Saat ini, telepon seluler (ponsel) berbasis Android sedang booming. Penjualannya pun di Indonesia selalu meningkat dari waktu ke waktu. Pasalnya, ponsel Android memiliki kesan glamor dan mahal karena disajikan dalam bentuk touchscreen. Teknologi Android pun kini banyak digunakan pada beberapa smartphone sejumlah merk ponsel ternama. Ponsel Android pun dinilai lebih mudah dan cepat saat digunakan untuk mngeksplorasi dunia maya.
 

Namun jangan lupa, semua gadget elektronik, termasuk ponsel Android menggunakan baterai untuk memudahkan akses internet atau bertelekomunikasi di mana pun. Harga baterainya pun terbilang mahal untuk yang berkualitas bagus. Untuk itu, ada baiknya kita merawat baterai tersebut agar awet. Meski pada umumnya umur baterai lithium ion yang kita temui di ponsel, PDA, UMPC, maupun notebook kekuatannya tidak terbatas. Namun ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk membuat baterai-baterai itu bertahan lebih lama.
 


- Gunakan selalu dalam keadaan Full.
Jika ingin menggunakan smartphone anda, biasakan memulainya dengan Full Baterai. Baterai akan menjadi usang atau rusak jika anda memaksakan menggunakannya dalam kondisi kurang Full. Jadi, biasakan baterai anda untuk Full dan Charge kembali saat hampir lowbat.


- Charge 12 – 16 jam saat awal pembelian 
Baterai smartphone anda bisa dibilang tidak murah. Oleh karena itu, sayang jika menyia-nyiakan baterai Android anda soak. Untuk itu, saat pertama kali ingin menggunakan, matikan ponsel dan charge selama 12 – 16 jam.

- Perhatikan selalu suhu
Suhu baterai perlu diperhatikan, karena suhu yang terlalu panas atau dingin dapat membuat baterai anda menjadi soak atau cepat lowbat, terutama saat anda bermain game, mengakses internet. Jadi, jangan buat baterai ponsel anda menjadi terlalu panas.

- Matikan saat ingin meng-charge ponsel
Mematikan ponsel ketika di-charge memang terkadang malas dilakukan, terlebih bagi orang yang sibuk. Kekhawatiran ada orang yang menghubungi, membuat ponsel selalu menyala bahkan saat di-charge. Padahal, jika ponsel di-charge dalam kondisi mati, dapat membuat baterai anda tahan lebih lama.
 

- Tunggu sampai Full lalu cabut
Saat men-charge ponsel anda, usahakan tunggu hingga kondisinya Full. Jangan dibiasakan mencabut atau menghentikan proses charging ponsel sebelum indikator baterai di ponsel terlihat Full. Hal ini akan berakibat buruk bagi ponsel anda, yakni baterai akan cepat soak dan lowbat kembali.
 

Sebenarnya masih banyak tips lain yang dapat dilakukan untuk menjaga gadget anda agar awet. Tips di atas hanya beberapa cara perawatan sederhana pada gadget anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, perlunya kesadaran dalam diri sendiri untuk selalu menjaga barang-barang elektronik sebaik mungkin. Silakan dicoba. 
(Dari berbagai sumber)








No comments:

Post a Comment