Pages

Lima Langkah Percepat Koneksi Internet

Menjelajahi internet merupakan kegiatan yang dinikmati secara luas di seluruh dunia. Memanfaatkan layanan internet membuat kehidupan yang lebih baik, baik itu dari komunikasi, pendidikan, hiburan atau untuk tujuan bekerja. Oleh karena itu, akan menjadi pengalaman yang menyenangkan jika proses menggunakan internet berjalan lancar dan cepat. Namun, tidak banyak orang bisa menikmati hak istimewa itu. Berikut tips dan trik untuk mempercepat koneksi internet.

Bersihkan Histori Internet
Ketika berselancar di internet, banyak orang tak menyadari sampah yang diproduksi diam-diam di computer yang digunakan. Sampah tersebut meliputi history internet, file temporary, cache, cookies dan sebagainya. Semua ini tersimpan ketika mengunjungi situs web, login nama pengguna, kata sandi atau informasi pribadi dan identifikasi di internet. Untuk membersihkannya, ikuti langkah berikut dengan 




klik “Start”> “Control Panel”> “Network and Internet Connection”> “Internet Options”, dalam tab “General”, klik tombol “Delete Files” dan “Clear History.” 

Dapat pula membersihkan semua isi di bawah folder “Temporary Internet File.” Selain itu, harus dibersihkan juga file-file sementara tertentu di direktori “C :/ Windows / Temp”.

Nonaktifkan Automatic Update
Tidak peduli sistem operasi apa yang digunakan di komputer, kebanyakan dikonfigurasi untuk men-download update secara otomatis dan patch keamanan dari vendor server secara default. Lebih baik untuk menonaktifkannya, dan menggunakan update manual bila diperlukan. Sebab, sebagian besar waktu Operation System (OS)  tetap memeriksa pembaruan dalam background dan juga mulai download jika tersedia apapun di background sehingga koneksi internet menjadi rendah.

Instal Firewall untuk Blokir Akses Anda.
Untuk memblokir akses yang tidak sah pada bandwidth internet, diperlukan perangkat lunak firewall dalam komputer. Menggunakan firewall akan membantu memblokir aplikasi Background, yang menggunakan internet di luar sepengetahuan pengguna. Banyak aplikasi perangkat lunak besar seperti Microsoft Word, Photoshop dapat memakan bandwidth internet dalam mencari update otomatis dari situs vendor mereka, dan pengguna dapat diberitahu dan dimintai konfirmasi oleh firewall.

Nonaktifkan Auto Start dari Internet Application yang tidak digunakan pada logon

Banyak aplikasi jaringan seperti Yahoo Messenger (YM), akan terbuka otomatis saat memulai komputer, padahal  tidak setiap saat seseorang membutuhkan aplikasi tersebut pada saat menyalakan computer atau mengaktifkan internet. Jadi, dianjurkan untuk menonaktifkan aplikasi tersebut dari “msconfig”, ini juga akan memperbaiki kecepatan dan kinerja komputer.

Jaga Komputer dengan Antivirus
Jika komputer terinfeksi oleh virus, tentu mengalami penurunan yang drastis dalam koneksi internet, karena sebagian besar virus dan aplikasi yang terinfeksi oleh virus terus memakan bandwidth internet untuk tersebar di jaringan komputer lain atau untuk menghubungi pengembang mereka dan mengirim mereka informasi pribadi pengguna seperti username dan password yang tersimpan di browser komputer. Ini sangat berbahaya terutama virus yang diprogram untuk merusak komputer, mencuri informasi dari komputer dan menyebarkan salinan mereka ke komputer lain dengan cara apapun. Jadi, menjaga komputer dilindungi dari ancaman virus ini sangat dianjurkan untuk menghemat bandwidth internet dan lebih untuk menyimpan data penting pribadi.
*dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment