Pages

Kiat Cerdik Efisiensi Pemakaian Piranti Elektronik


Piranti elektronik memang membuat segalanya menjadi lebih mudah dan praktis. Mulai dari microwave, kulkas, freezer, pemanggang roti, water heater, vacuum clealer, oven dll yang sangat menunjang pekerjaan rumah tangga. Contoh water heater, bagi Anda yang terbiasa menggunakan air panas, waktu untuk menunggu ini dapat dikonversikan untuk mengerjakan hal lain yang sangat bermanfaat. Kendati demikian, muncul permasalahan baru, yakni membengkaknya biaya pemakaian listrik di akhir bulan. Tetapi tenang saja, sebab ada cara cerdik untuk menyiasatinya.


Untuk efisiensi pemakaian listrik pada kulkas misalnya, atur jarak antara posisi kulkas dengan dinding tembok, jangan terlalu berdekatan karena dapat menimbulkan panas. Dengan begini, udara panas dapat berputar dengan baik dengan bagian kondensornya. Udara panas yang “terjebak” akan meningkatkan pemakaian energi listrik. Bersihkan pula kulkas secara teratur agar sistem operasionalnya dapat berjalan dengan baik. Sesuaikan kapasitas kulkas dengan makanan dan minuman yang disimpan di dalam kulkas. Bila terlalu penuh, sirkulasi suhu dingin di dalam kulkas tidak dapat bekerja dengan sempurna.

Selain itu, kulkas juga harus dibersihkan secara berkala. Pertama, matikan aliran listrik sebelum Anda membersihkan bagian dalamnya. Periksalah kembali seluruh makanan yang ada dan cermati tanggal kadaluwarsanya. Sayuran dan makanan yang sudah mulai membusuk sebaiknya segera dibuang, karena dapat menimbulkan bakteri yang hidup di dalam kulkas.

Bersihkan bunga es di dalam freezer agar keseimbangan suhu suhu kulkas tetap terjaga. Saat membersihkan bunga es yang keras, jangan menggunakan benda tajam karena hal ini dapat merusak lapisan freezer. Sebelum memulai membersihkan kulkas, Anda dapat menekan tombol defrosting untuk membuat bunga es tersebut mencair. Bersihkan pula bagian laci dan rak pada kulkas dengan menggunakan  sabun hingga bersih dan segera keringkan dengan sempurna.

Demikian halnya dengan mesin cuci, janan memasukkan pakaian lebih dari muatannya dan takaran deterjennya juga harus tepat. Busa yang terlalu banyak akan membuat mesin bekerja lebih keras sehingga menghabiskan lebih banyak energi listrik.

Saat memasak dengan menggunakan oven, jangan terlalu sering membuka tutup oven, karena setiap kali dibuka, suhu oven akan turun sebanyak 25 derajat. Sebaiknya gunakan pengatur waktunya. Periksa pula bila ada  yang terbuka walau hanya sedikit pada pelapis pintu oven, agar udara panas tidak terbuang keluar secara sia-sia.

Ingatlah bahwa api yang berwarna biru pada kompor gas menandakan bahwa kompos gas Anda bekerja dengan baik. Sebaliknya bila warna api terlihat berwarna kekuning-kuningan, menandakan kompor Anda membutuhkan beberapa perbaikan secara segera.

Begitu pun pentingnya freezer yang dapat menyimpan jenis makanan tertentu untuk beberapa hari. Maka penting sekali merawat dan memelihara freezer. Misalnya, bila suhu freezer tidak sedingin yang diharapkan, bisa jadi hal ini diakibatkan karena adanya kerusakan pada bagian kompresor, kondensor, atau evaporator-nya. Jangan terlalu lama untuk menunggu kerusakan lebih lanjut, sebaiknya segera hubungi tenaga ahli untuk memperbaiki. Namun perlu juga diketahui, suhu yang tidak cukup dingin ini bisa juga disebabkan karena terlalu banyaknya makanan yang tersimpan di dalam freezer sehingga melebihi kaspasitasnya.

Adanya es yang terlalu banyak pada bagian freezer juga menjadi penyebab mesin tidak berjalan sempurna. Oleh karena itu, membersihkan freezer secara berkala sangat diperlukan. Satu hal yang harus diingat, jangan menggunakan benda tajam saat membersihkan es yang menempel di dinding freezer karena hal ini dapat menimbulkan kerusakan yang lebih serius.

Bila freezer tidak berjalan dengan baik namun lampu kulkas masih menyala, periksalah temperaturnya dan bersihkan bagian kondensornya. Cara lain, cobalah matikan freezer, kemudian tunggu sekitar 2 jam dan nyalakan kembali. Bila freezer sudah dapat bekerja dengan normal, berarti masalah tadi disebabkan oleh kompresor yang terlalu panas.

Dengarkanlah pula freezer Anda. Bila terdengar bunyi yang cukup mengganggu, hal ini bisa berasal dari bagian dalam atau luar freezer, kompresor, dan kondensor fan. Ada beberapa bagian yang bisa ditanggulangi sendiri, ada yang tidak. Misalnya, bila bunyi berasal dari kondensor fan, bersihkan bagian ini dengan seksama karena bunyi tersebut bisa disebabkan karena adanya debu yang menempel. Bila setelah dibersihkan bunyi masih terdengar, sebaiknya hubungi segera tenaga ahli untuk memperbaikinya karena kemungkinan besar fan tersebut harus diganti.   

Apabila Anda menerapkan kiat-kiat cerdik seperti ini, imbasnya Anda tak hanya sekedar mengefisiensi pemakaian daya listrik, tetapi juga piranti elektronik Anda akan berumur panjang.

(Sumber: Sayang Barang Hemat Uang, Kumpulan Tips-tips Jitu Klasika Kompas, Penerbit Buku Kompas, Jakarta, Mei 2006).

No comments:

Post a Comment