Pages

Tanaman "Putri Malu" Bisa "Belajar dan Mengingat"


Memori yang kuat sering dikaitkan dengan hewan gajah, namun para ilmuwan telah menemukan bahwa tanaman juga dapat belajar dan mengingat, meskipun mereka tidak punya otak.

Para ilmuwan mengklaim tanaman mirip pakis yang merespon pada sentuhan telah belajar bahwa tetesan air tidak berbahaya dan mengingat temuan itu seminggu setelahnya.

Penelitian mereka menunjukkan bahwa pengalaman telah mengajarkan tanaman untuk mempelajari secara rinci untuk bertahan hidup dan membuat para ilmuwan melihat tumbuhan ini dengan cara yang baru.

Para peneliti mempelajari Mimosa pudica (putri malu), yang melipatkan daun-daunnya bila disentuh untuk melindungi diri dari predator.

Penelitian di University of Western Australia, yang juga melibatkan Profesor Stefano Mancuso dari University of Florence di Italia, menemukan tindakan tersebut tidak hanya refleks.

Mereka memeriksa ingatan jangka pendek dan jangka panjang spesies ini di bawah lingkungan cahaya tinggi dan rendah dengan berulang kali menjatuhkan air pada tanaman menggunakan alat yang dirancang khusus untuk melihat respon tanaman ini.

Tanaman ini berhenti melipatkan daunnya setelah mengetahui bahwa air tidak menjadi ancaman bagi kelangsungan hidupnya dan tidak ada kerusakan yang dilakukan, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Oecologia, yang dikutip Daily Mail, baru-baru ini.

Tanaman Mimosa mampu memperoleh perilaku yang dipelajarinya dalam hitungan detik dan seperti pada hewan, belajar lebih cepat dalam cahaya rendah.

"Yang paling mengagumkan, tanaman ini mampu mengingat apa yang telah dipelajari selama beberapa minggu, bahkan setelah kondisi lingkungan telah berubah," kata para peneliti.

sumber : PRonline

No comments:

Post a Comment